The Effort to Increase The Student’s Motivation
In Mathematics Learning with Some Teaching Aids
In Junior High Schools 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
By. Marsigit
Unsur-unsur Psikologi yang Terkandung
Direview oleh Reni Dwi Astuti

            Salah satu usaha guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di SMP dengan membuat proses pembelajaran matematika menjadi menyenangkan, menarik, dan berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari. Pengoptimalisasian kegunaan model pembelajaran dan alat untuk demonstrasi diharapkan dapat membantu proses abstraksi siswa, dimana dapat mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran.
            Siswa SMP berumur antara 12-15 tahun. Berdasarkan perkembangan kognitif dari Peaget, pada umur ini termasuk operasi formal. Kemahiran di tingkat ini muncul dari ide membandingkan, diskusi dan membuat kesimpulan. Terdapat perubahan fungsi intelektual dari berfikir kongkret menjadi berfikir abstrak (Suardiman,1986:36). Model pembelajaran digunakan untuk membantu proses abstraksi siswa.
             Dalam hal ini guru berperan sebagai motivator yang dituntut untuk dapat mendorong anak didiknya agar senantiasa memiliki motivasi tinggi dan aktif belajar. Selain sebagai motivator guru juga berperan sebagai demonstrator yang dituntut untuk dapat memperagakan apa yang diajarkan secara didaktis sehingga anak didik dapat memahami materi yang dijelaskan guru secara optimal.
 Source: http://staff.uny.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

To Uncover Multicultural Psychological Aspects of Phenomena of Mathematics Education

Jarak antara Titik dan Garis

Jarak Antara Dua Titik pada Dimensi Tiga